Wow! Google Assistant akan Mengerti Bahasa Indonesia

Sebulan yang lalu Google pernah mengeluarkan pengumuman bahwa 30 bahasa terbaru akan hadir ke dalam layanan Google Assistant. Saat itu, raksasa teknologi asal Mountain View, Amerika Serikat ini juga menyebutkan bahwa mereka butuh waktu sekitar beberapa bulan untuk merealisasikan janjinya tersebut.

Tak hanya bahasa Hindi, Norwegia dan Swedia, Google juga menyebutkan bahwa Google Assistant yang mereka kembangkan juga akan mampu memiliki kompabilitas yang tinggi dengan bahasa Indonesia. Sejauh ini, bahasa Hindi sudah bisa dimengerti oleh Google Assistant dan berikutnya adalah bahasa Indonesia.

Jelas, memang tak mudah bagi Google untuk memuat seluruh bahasa yang ada di dunia, termasuk bahasa Indonesia ke dalam layanan yang dimilikinya. Saat ini hanya Allo satu-satunya layanan suara Google yang telah mendukung bahasa Indonesia.

Namun Google sepertinya tak ingin kehilangan pengguna, terutama masyarakat Indonesia. Untuk itulah, Google berupaya keras memenuhi janjinya untuk mengimplementasikan dukungan bahasa Indonesia ke dalam Google Assistant.

Alasannya cukup sederhana, Google Assistant adalah salah satu layanan milik Google yang juga populer di mata para pengguna perangkat mobile di Indonesia. Jadi sudah sepatutnya, smartphone Pixel atau perangkat mobile non-Pixel kini sudah bisa mendukung bahasa Indonesia.

Google sendiri juga menegaskan bahwa 30 tambahan bahasa terbaru yang akan mendukung Google Assistant paling lambat akan ditambahkan pada akhir 2018. Bocoran lainnya juga menyebutkan, Google Assistant nantinya akan tersedia di 38 negara pada akhir tahun ini juga.

Baca juga  10 Rekomendasi Laptop Gaming Harga 7 Jutaan

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WordPress spam blocked by CleanTalk.