10 Pasar ikan terbaik dunia yang bisa dicontoh untuk Jakarta

Sudah menjadi rahasia umum bahwa makanan hasil laut merupakan sumber asupan yang kaya akan berbagai nutrisi bagi tubuh. Seperti vitamin, protein, mineral, dan masih banyak lagi. Bahkan tak sedikit pakar kesehatan dan dokter yang menyarankan untuk banyak mengonsumsi makanan hasil laut seperti ikan.

Makanan hasil laut ini biasanya bisa didapatkan di pasar-pasar tradisional maupun pasar swalayan. Namun terkadang ikan dan berbagai macam seafood yang dijual di pasar tradisional atau pasar swalayan ini kualitasnya kurang baik dan segar. Lantaran telah melalui beberapa perantara, sebelum akhirnya sampai ke tangan penjual.

Berbeda halnya jika membeli hasil tangkapan laut langsung di pasar ikan yang biasanya berdekatan dengan laut. Pasar ikan sendiri merupakan tempat dimana makanan hasil laut di jual dengan harga yang lebih wajar.

Para nelayan datang ke pasar yang biasanya buka dipagi hari ini untuk kemudian melanjutkan menjual ikan dan makanan hasil laut lainnya.

Dilansir dari berbagai sumber, Minggu (11/2), Antigalau sudah merangkum 10 pasar ikan terbaik di dunia yang bisa dijadikan contoh untuk pasar ikan di Jakarta.

1. Pasar ikan Tsukiji, Tokyo, Jepang.

Pasar ikan Tsukiji merupakan pasar ikan terbesar di dunia dalam hal ukuran dan jumlah makanan hasil laut. Bahkan pasar ikan ini dapat menjual hasil laut sebanyak 660 ribu ton per tahun.

Baca juga  Seorang Wanita Menyebabkan Kematian Berantai Hanya Karena Sebuah Hp Yang Jatuh

Pasar ini terletak di pusat kota Tokyo. Para wisatawan bisa mendapatkan akses untuk mendapatkan berbagai macam makanan laut yang dijual dengan kualitas terbaik.

2. Pasar ikan koperasi Busan, Busan, Korea Selatan.

Pasar ikan koperasi Busan bukan hanya merupakan salah satu pasar ikan yang memiliki hasil laut terbaik di dunia, tetapi juga menjadi salah satu pasar yang menarik di Korea Selatan.

Pasar ikan ini sering dijadikan tujuan wisata bagi turis yang tengah berlibur ke Korea Selatan. Dibuka pada tahun 1963, kini pasar ikan ini dikunjungi oleh ribuan orang tiap tahunnya.

3. Pasar ikan La Nueva Viga, Meksiko.

Merupakan pasar ikan terbesar kedua di dunia. Setiap tahunnya, pasar ikan ini dapat menjual hingga 550 ribu ton. Terletak di Iztapalapa, yang berada di wilayah ibukota Meksiko. Pasar ikan menjual lebih dari 500 spesies laut dan mayoritas berasal dari Teluk Meksiko.

4. Pasar ikan Sydney, Sydney, Australia.

Berbasis di Australia, pasar ikan ini diketahui memiliki lebih dari 200 spesies ikan. Pasar ikan Sydney menjadi pasar ikan terbesar di belahan bumi Selatan.

Pasar ikan terbesar ketiga di dunia ini menggabungkan pelabuhan perikanan, pasar ikan, lokasi pelelangan hasil laut, tempat untuk membeli makanan laut, hingga toko suvenir.

5. Pasar ikan Noryangjin, Seoul, Korea Selatan.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WordPress spam blocked by CleanTalk.