Ternyata Sinetron Dan Program TV Indonesia Disukain Sama Malaysia Lho

Sinetron Indonesia yang nonton memang banyak, tapi yang benci juga nggak sedikit. Dan kalau ngomongin soal TV yang selalu disalahkan dan sudah pasti yang kena adalah sinetron.

Kita juga bosan dengan cerita yang gitu-gitu aja, oleh karena itu Ibu-ibu mulai beralih ke India dan kita yang beruntung punya Internet lumayan kenceng bisa streaming series dari barat seperti Walking Dead, Game Of Thrones, Supernatural, Breaking bad, Lucifer dan lain sebagainya.

Akan tetapi secara mengejutkan, ternyata negara tetangga suka dengan sinetron Indonesia. Mengapa Demikian?

Bahasa

Tentu, hal pertama yang membuat banyaknya film ataupun sinetron Indonesia jadi digandrungi oleh warga Malaysia adalah masalah bahasa. Memang tidak bisa dipungkiri kalau banyak kemiripan antara kedua bahasa tersebut, alhasil stasiun televisi di sana tidak perlu lagi kesulitan untuk menerjemahkannya.

Selain itu, selera kedua negara ini yang bisa dibilang sama, ya cerita masalah rumah tangga selalu diminati baik oleh netizen Indonesia maupun Malaysia. Itulah sebabnya, bagia orang Malaysia menonton sinetron itu ibarat para Kpopers yang selalu setia dalam menonton drama ataupun reality show asal Korea.

Program TV Malaysia Menjemukan

Percaya atau tidak, rupanya sinetron dan acara lain di Indonesia rupanya ditayangkan pada jam prime time di Malaysia. Tidak sembarangan, ternyata ada alasan tersendiri di baliknya. Hal ini terjadi karena kebanyakan acara tv Malaysia yang cenderung pada politik atau berbagai tontonan yang serius.

Itulah sebabnya sinetron ataupun talkshow Indonesia ditayangkan pada jam utama saat semua keluarga punya kesempatan lenggang menonton televisi. Jadi bukan hal yang aneh kalau sampai-sampai banyak warga Malaysia sendiri yang sampai hapal dengan istilah Indonesia, mulai dari prikitiew alas Sule dan lain-lain.

Malaysia Juga Suka Musik Indonesia

Bukan lagi sebuah rahasia kalau lagu-lagu Indonesia memang terkenal di negeri jiran, rupanya juga merupakan sumbangsih dari sinetron dan film-flim yang masuk di Indonesia. Ya, apalagi mengingat kalau sinetron dan film sekarang rupanya tidak hanya menggunakan lagu-lagu yang sedang trend, bahkan yang lawas seperti Dewa 19 dan lain-lain pun juga sering dijadikan sebagai soundtrack.

Memang menurut orang Malaysia, lagu milik Indonesia memang sangat enak didengar meskipun kadang butuh permahaman lebih buat mereka memahami artinya karena berbeda bahasa. Jadi jangan kaget kalau banyak lirik lagu Indonesia yang banyak dihafal oleh orang Malaysia.

Humor Indonesia Juga Pas Dengan Selera Mereka

Seperti yang sudah dijelaskan, banyak orang Malaysia yang rupanya hafal dengan slogan prikitiew ala Sule ataupun banyak komedian lainnya. Ya, memang tidak bisa dipungkiri kalau banyak humor Indonesia yang juga diminati oleh warga Malaysia.

Bahkan humor-humor receh yang ada di dalam sebuah sinetron dapat diterima baik di sana. Selain itu adanya talkshow model humor juga menjadi sebuah variasi baru, pasalnya di negeri jiran sana kebanyakan acara macam itu dibuat dengan serius dan bahkan cenderung dingin.

 

Baca juga  Kreatif! Pengamen Ini Gunakan Ketipung Mesin

Ini merupakan sebuah bukti kalau memang karya anak bangsa juga digemari di luar sana. Meskipun kadang kurang dihargai disini.

Intinya adalah, Mungkin memang rumput tetangga akan selalu terlihat lebih hijau.

Artikel Terkait

One Reply to “Ternyata Sinetron Dan Program TV Indonesia Disukain Sama Malaysia Lho”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WordPress spam blocked by CleanTalk.