Kenapa Manusia Ada yang Cadel?

Isi artikel ini berasal dari channel Youtube “KokBisa”. Jika ingin melihat dalam bentuk video, kamu bisa klik di sini!.

Huruf “R” bagi beberapa orang Indonesia adalah sebuah kutukan. Karena bagi mereka, huruf “R” susah banget untuk disebut. Kondisi ini disebut sebagai “cadel”. Tapi, kita mungkin masih banyak yang bingung, sebetulnya orang bisa cadel karena penyakit, takdir ilahi, atau apa. Untuk itu, yuk telusuri seluk beluknya.

CADEL, ga cuma karena huruf R!

Menurut dunia kedokteran, cadel adalah kondisi saat kita ga mampu mengucapkan atau membunyikan huruf tertentu. Jadi, bukan cuma saat kita ga bisa ngomong ‘R’, tapi juga huruf konsonan lainnya. Kayak cadel versi Amerika Serikat, yang biasanya susah ngomong huruf ‘S’ atau ‘Z’.

Hmm.. apa yah penyebabnya?

Penyebab cadel kemungkinannya bisa macam-macam. Kita bisa cadel jika ada masalah dengan alat ucap kita, seperti pita suara, gigi, lidah, dan bibir. Misalnya saat membran di bawah lidah kita kepanjangan atau kependekan, sehingga lidah bakal jadi susah bergetar dan bersilat dengan baik. Atau jika ukuran lidah kita terlalu gede dari yang seharusnya. Termasuk juga, kalau gigi kita ompong-ompong, karena mungkin sering males buat sikat gigi.

Baca juga  Rahasia Tersembunyi Dibalik Warna Pada Bagian Bawah Kemasan Pasta Gigi

Cadel juga karena dibiasakan

Tapi, kita semua mungkin juga pernah cadel waktu masih kecil, padahal alat ucap kita baik-baik aja. Hal ini cukup wajar, karena anak-anak memang belum cukup umur buat belajar bicara seperti orang dewasa. Tapi kalau cadel yang begini terus dibiarkan, lama-lama bisa jadi kebiasaan. Akhirnya kita bisa terus cadel sampai dewasa. Padahal, yang namanya kebiasaan kan susah tuh ilangnya…

 

Sekarang kita jadi tahu, kalau cadel ternyata banyak jenis dan penyebabnya. Tapi kalau kamu cadel, dunia belum berakhir kok. Banyak orang terkenal yang tetap pede meski cadel. Hayo siapa aja kamu di sini yang cadel?

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WordPress spam blocked by CleanTalk.