Jomblo Dance Challenge Apaan Sih, Kok Viral Gini?

Beberapa waktu lalu dunia persilatan dihebohkan dengan kabar bahwa film Wiro Sableng bakal tayang di tahun 2018. Iya, itu beberapa waktu yang lalu banget dan gak akan dibahas sekarang. Beberapa waktu yang lalu juga, tapi gak terlalu lama kayak isu sebelumnya, dunia maya juga dihebohkan dengan salah satu gerakan senam(?) yang bertajuk Jomblodancechallenge

Apa itu Jomblodancechallenge? Pertanyaan ini sulit dijawab karena gw juga gak ngerti jomblodancechallenge itu sejenis gerakan apa. Konon katanya, challenge ini pertama kali dipopulerin(?) sama GE PAMUNGKAS. Ge Pamungkas, yang gak tau statusnya jomblo atau gak, menyuarakan para jomblo seluruh dunia buat bersatu supaya gak kesepian dan menghimbau mereka buat meramaikan dunia maya dengan hastag #jomblodancechallenge. Ngerti? Lanjut!

Beberapa jam setelah video Jomblodancechallenge diunggah ternyata challenge itu beneran booming dan beberapa publik figur mulai mengcover gerakan Jomblodancechallenge. Apa kira-kira yang bukan menjadi alasan challenge ini booming beberapa waktu lalu? Sebagai analis tingkat kecamatan yang berbakti gw udah nulis beberapa ulasannya dibawah, perlu diingat bahwa yang bakal dibahas ini lebih ke challenge-nya, jadi kalian para jomblo akut jangan berharap banyak kalau mencari tips-tips cinta di sini. Cus scrool ke bawah!

Disclaimer: Kenapa yang gw bahas “yang bukan” menjadi alasan gerakan tersebut booming? Alasannya adalah sebagai wadah buat intropeksi terkadang kita harus melihat suatu permasalahan dari sisi yang berbeda. Harapannya banyak kalian para jomblo yang terbiasa dengan perspektif baru dan populasi jomblo di negara kita makin berkurang. Udah itu aja.

Baca juga  Wanita Dilarikan Ke Rumah Sakit karena Jatuh dan Tertusuk Timun

Gerakan yang rumit

Beberapa challenge yang sudah booming sebelumnya punya pola gerakan yang sama. Challenge-challenge yang beredar didunia maya ini sifat gerakannya rata-rata merupakan gerakan simpel, tidak menghabiskan banyak energi, dan tidak membutuhkan banyak waktu buat latihan. Contoh simpelnya babysharkchallenge. Gerakan babysharkchallenge ini, buat yang udah pernah liat, merupakan gerakan simpel yang bisa dilakukan siapa aja, tapi tetep ada kecualinya, kecuali kakek-nenek dan beberapa penyandang disabilitas yang fungsi tubuhnya udah termakan usia dan berkurang sekitar 80%.

Sama halnya dengan Jomblodancechallenge, gerakan-gerakan yang ada pada jomblodancechallenge ini merupakan gerakan simpel dan terlalu gampang buat dicover oleh anak-anak muda tuna asmara. kenapa Ge Pamungkas memilih gerakan simpel, tidak menghabiskan energi, dan tidak memerlukan waktu lama buat latihan ini? Jujur gw gak tau alasan pastinya, menurut penerawangan gw, Ge Pamungkas mungkin memilih gerakan-gerakan tersebut karena gak mau menambah beban penderitaan jomblo dengan mengharuskan mereka untuk kayang 360 derajat dan split selama 30 menit buat bisa ikutan cover Jomblodancechallenge. Coba bayangin kalau Jomblodancechallenge punya gerakan yang rumit? Udah jelas sih, kemungkinan boomingnya kecil banget pasti.

Background song yang gak asik

Background song mempengaruhi, bahkan pengaruhnya lebih besar dari yang kalian bayangin. Sama kayak bahasan di atas, beberapa challenge yang beredar di dunia maya juga punya jenis background song yang sama. Background song yang dipakai biasanya bersifat enerjik dan punya ketukan-ketukan tertentu yang bikin pas buat ditambahin gerakan-gerakan antimainstream. Background song ini juga harus bersifat universal supaya challenge tersebut bisa diterima disemua kalangan usia.

Baca juga  Kreatif! Pengamen Ini Gunakan Ketipung Mesin

Dan background song dari Jomblodancechallenge ini alirannya merupakan aliran yang lagi digemari sama anak-anak muda, jadi gak heran kalau banyak anak muda yang pengen nge-cover dan memboomingkan challenge bersangkutan. Coba bayangin kalau backgroundsong dari jomblodancechallenge itu dari aliran kayak band metalica, avenged, my chemical romance? Udah jangan dibayangin beneran, lanjut aja kebawah.

Durasi yang terlalu lama

Durasi mempengaruhi? Banget. Faktor durasi ini mempengaruhi 2 hal. Pertama, udah jelas durasi yang terlalu lama bikin netizen berfikir dua kali buat nge-cover suatu challenge. Durasi yang lama jelas memakan banyak waktu baik dalam hal perekaman, pengeditan video, latihan sebelum perekaman, beuh masih banyak lagi yang lain. Dan lagi-lagi, chalengechalenge booming yang udah beredar didunia maya sebelumnya juga pola yang sama dari segi durasi, durasi dari challenge-challenge ini juga gak lebih dari satu menit. Simpel dan gak menghabiskan banyak waktu dari segi perekaman dan pengeditan video.

Kedua, durasi yang lama berpengaruh ke jumlah paketan internet yang dipakai buat nge-upload. Semakin lama durasi ya udah jelas paketan internet yang dipake juga semakin besar. Hal ini bertolak belakang dengan keadaan para tuna asmara karena mereka butuh banyak paket data buat stalking gebetan demi mengakhiri masa-masa kesendirian. Dan untung aja jomblodance challenge ini durasinya singkat, bisa diupload dengan cepat dan tidak menghabiskan banyak paket internet dan sisa paket internet bisa dipakai buat sekalian tebar pesona ke si dia yang lagi berdua menikmati indahnya dunia bersama pasangannya. cry

Baca juga  Kalau 7 Hal Ini Terjadi, Berarti Keluarga Pacar Nggak Merestui

Populasi jones yang terbatas

Boomingnya jomblo dance challenge membuktikan satu hal, kalau ternyata populasi jones dinegara kita kemungkinan besar gak sedikit. Dari jumlah coveran dan jumlah yang antusias dikomen-komen yang beredar di dunia maya harus diakui kalau masih banyak tuna asmara diluar sana yang berharap bertemu pasangan hidup dengan adanya jomblo dance challenge ini.

Emang sih walaupun namanya jomblo dance challenge tapi challenge ini gak harus dilakukan oleh para jomblo-jomblo aja. Tapi diliat dari segi manapun tetep aja kemungkinan besar yang hatinya terketuk dengan adanya challenge ini adalah para jomblo, mereka yang udah punya pasangan boro-boro punya kesempatan buat nge-cover, buat nge-like postingan jomblodance challenge di Instagram aja mungkin bisa terancam kena lemparan bola bekel.

 

Akhir kata, gerakan yang gak terlalu rumit, background song yang menarik, durasi yang singkat, dan targetan viewer yang banyak udah jelas jadi alasan kenapa jomblo dance challenge ini gampang banget booming. Dari ulasan gak penting diatas bisa ditarik kesimpulan kalau pengen berkreasi di dunia maya banyak banget faktor yang diperhatikan, tapi jangan jadiin alasan itu buat berenti berkarya.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WordPress spam blocked by CleanTalk.