Inikah Wujud Sinyal WiFi yang Tak Pernah Terlihat

Apa yang biasa dicari kaum remaja di Indonesia saat masuk ke sebuah kafe atau rumah makan cepat saji? Anak kekinian pasti mencari colokan listrik dan WiFi gratis.

Tak hanya mencari makanan, WiFi atau koneksi internet nirkabel sudah menjadi kebutuhan saat anak zaman now datang ke sebuah restoran. Tapi pernahkah kamu berpikir, bagaimana sebetulnya wujud sinyal WiFi?

Berbeda dengan koneksi internet kabel yang bisa kita lihat dengan mata telanjang, WiFi sama sekali tak terlihat.

Berkaca dari hal itu, sekelompok peneliti dari Universitas Newcastle, Inggris, menciptakan apa yang mereka sebut dengan light painting WiFi.

WiFi Berwarna Warni?

Dikutip dari Pocket-lint, lewat proyek bernama Touch Research Project ini, para peneliti menggunakan teknik fotografi long exposure yang dihubungkan dengan sensor RSSI. Dengan begitu, sinyal WiFi yang selama ini tidak terlihat dapat divisualisasikan.

Sebagai hasilnya, terlihat cahaya dengan pola tampak seperti gaya fotografi modus bulb.

Mereka mengambil gambar di sebuah ruangan terbuka dan studio tertutup. Di situ terlihat jelas bagaimana sinyal WiFi bergerak dan menyebar keluar.

Baca juga  5 Hero Cewek Paling Mematikan di Mobile Legends, Berani Lawan?

Dalam gambar terlihat beberapa warna yang menunjukkan perbedaan kekuatan sinyal. Warnanya bergerak dari biru melambangkan sinyal yang lemah, hingga ke warna merah, pertanda sinyal yang kuat.

Ini Penampakan WiFi

Sang kreator menjuluki gambar-gambar yang dihasilkan dengan istilah digital ethereal. Penasaran seperti apa wujudnya? Yuk intip foto-fotonya di bawah ini…

Bagaimana sinyal WiFi saat berada di sekitar manusia? Bentuknya mengikuti perangkat yang ponsel dipegang.

Artikel Terkait

One Reply to “Inikah Wujud Sinyal WiFi yang Tak Pernah Terlihat”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WordPress spam blocked by CleanTalk.