Di Halte Transjakarta Ada Smart Toilet, Begini Penampakannya

Pernah gak sih kamu kebelet buang air kecil ketika masih terjebak di halte Transjakarta?

Sekarang kamu gak perlu khawatir lagi ketiga mengalami hal ini. Baru-baru ini Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat telah meresmikan 2 smart toilet di halte Transjakarta Monas dan halte Balai Kota yang bisa kamu gunakan.

Smart toilet? Mungkin ada yang penasaran dengan si toilet pintar ini. Gimana sih penampakannya?

Di halte Monas terlihat ada dua ruang toilet. Satu ruang toilet duduk yang dilengkapi dengan urinoir dan satu lagi ruang toilet jongkok. Toilet ini berbahan stainless steel.

Untuk menggunakan toilet ini kamu harus tapping terlebih dahulu. Di luar toilet sudah tersedia tempat untuk melakukan tapping dengan kartu uang elektronik kamu. Ada tiga keterangan lampu yang ada di atas tempat tapping ini. Lampu hijau menunjukkan toilet kosong, lampu kuning menunjukkan ada orang di dalam toilet dan lampu merah menunjukan bahwa toilet tidak dapat digunakan.

Ketika kamu sudah tapping, maka pintu toilet akan terbuka. Lampu, exhausted fan serta pengharum ruangan di dalam toilet juga otomatis menyala saat pintu toilet terbuka. Di dalam toilet ada wastafel otomatis di mana saat tangan kamu ditaruh di bawah wastafel, air dan sabun cuci tangan akan otomatis keluar. Wastafel juga dilengkapi tisu dan tempat sampah di bawahnya. Ada juga pegangan untuk memudahkan kaum disabilitas.

Baca juga  Ternyata Sinetron Dan Program TV Indonesia Disukain Sama Malaysia Lho

Saat selesai menggunakan toilet, kamu cukup meletakan tangan di depan sensor flush yang ada di dekat toilet lalu air flush akan otomatis membersihkan toilet. Ketika hendak keluar toilet, jangan lupa untuk menekan tombol yang ada di dekat pintu ya.

Smart toilet juga dilengkapi dengan sensor gerak di salah sudut atap serta dilengkapi instalasi pengolahan air limbah atau biopal loh.

Nantinya penggunaan toilet ini akan dikenai tarif maksimal Rp2000. Tapi saat ini masih digratiskan selama tiga bulan masa uji coba. Oh ya, sekarang memang baru ada di 2 halte Transjakarta, tapi nantinya smart toilet akan dipasang di 33 halte transjakarta loh. Gak perlu nahan nahan lagi deh kalau lagi kebelet saat nunggu Transjakarta di haltenya.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WordPress spam blocked by CleanTalk.